Background

SINOPSIS KARYA-KARYA SASTRA


TUGAS AKHIR
SINOPSIS KARYA-KARYA SASTRA
Untuk memenuhi tugas Sejarah Sastra
yang dibina oleh ibu Dra. Hj. Ida Lestari, M.si.























UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS SASTRA
PRODI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Desember 2011

  1. Sinopsis Novel Maut dan Cinta
Judul : Maut dan Cinta
Karya : Mochtar Lubis

Novel ini berkisah tentang seorang anggota dinas rahasia TNI berpangkat mayor, namanya Sadeli. Ia menyamar sebagai pedagang penjual hasil bumi ke luar negeri. Tugasnya mengumpulkan dana, mencari senjata, alat-alat komunikasi dan membuka hubungan udara bagi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan kembali oleh Belanda.

Di Singapura, Sadeli berhasil mengumpulkan obat-obatan dan alat-alat komunikasi. Dibantu Alinurdin, seorang wartawan yang juga memperkenalkan perjuangan rakyat Indonesia dan berhasil mendapatkan simpati orang-orang di luar dan dalam negeri.Sadeli menemui Umar Yunus bawahannya yang mengenyam hidup mewah dan berfoya-foya.Umar Yunus lupa daratan karena terjebak oleh Mr. Yo yang menyodorkan wanita cantik, Ritalu.
Dikemukakannya tentang tugasnya oleh Sadeli bahwa iamenyamar sebagai pedagang untuk membantu perjuangan RI. Diperintahkannya supaya Umar Yunus mengirim senjata, obat-obatan, dan alat-alat komunikasi ke Indonesia.Ia sendiri akan ke Bangkok untuk mencari seorang penerbang Amerika yang berpengalaman, untuk membuka jalur penerbangan luar negeri ke Indonesia.
Sadeli tidak mudah mendapatkan orang yang dicarinya. Namun akhirnya ia berhasil meyakinkan Dave Wayne, seorang pendeta dan penerbang. Sadeli dapat membuktikan bahwa perjuangan kemerdekaan Indonesia adalah mutlak, bangsa mana pun tidak boleh menindas bangsa lain, walaupun itu bangsanya sendiri. Sadeli pun berhasil meyakinkan Dave tentang agama, komunikasi, nazi, dan tata kehidupan dunia masa datang, termasuk Indonesia.
Sadeli menyusun rute penerbangan beserta tiga orang wartawan asing untuk memberitahukan dunia luar tentang revolusi Indonesia. Sementara itu ia menuntut agar Umar Yunus mengembalikan uang negara yang telah disalahgunakannya sebanyak 500 dolar dan berhenti dari dinas intelijen karena ia menyalahgunakan jabatannya. Namun Umar Yunus tetap membangkang kepada Sadeli, atasannya.
Dalam tugas mengantarkan senjata dan alat komunikasi ke Riau Sadeli membawa Umar Yunus dengan speedboat dan bermaksud menghadapkan Umar Yunus ke Pengadilan Militer. Di tengah laut mereka mendapat serangan convert Belanda. Berjatuhan kurban dalam speedboat dan mereka terdesak ke pantai.Peristiwa ini sangat berkesan dan menyadarkan Umar Yunus. Di hadapannya sendiri ia menyaksikan temannya mati tertembak dalam suasana yang sangat kritis.
Sadeli mendengar kata-kata pengakuan Umar Yunus, bahwa Sadeli memang benar.Ia bersedia menjadi apa saja untuk membantu Sadeli membela tanah air. Umar Yunus kembali bertugas aktif dan sebaik-baiknya sebagai anggota dinas rahasia TNI sekalipun pangkatnya diturunkan menjadi letnan.
Akibat perjanjian Linggarjati keadaan di Indonesia tidak menguntungkan.Hal ini membuat Sadeli bekerja lebih keras di luar negeri.Untung saja penilaian Dave bahwa Indonesia ada di pihak yang benar.Sadeli mendapat perintah untuk membeli Catarina, pesawat terbang yang dapat mendarat di permukaan air. Untuk itu ia harus pergi ke Hongkong. Dalam tugas itu ia berjumpa dengan Maria, seorang gadis cantik dan menarik. Kalau selama ini kasih mesra Sadeli belum tersentuh, kali ini ia terpikat kepada Maria. Mereka pun sama-sama jatuh cinta.Setelah selesai mengurus pembelian Catarina, Sadeli kembali ke Singapura dan melangsungkan pernikahan dengan Maria.
Sementara itu perkembangan di tanah air tidak menggembirakan.Kota Yogyakarta diduduki Belanda dan pemerintahan RI pindah ke Bukit Tinggi.Di Singapura Sadeli bekerja lebih keras, berjuang lebih giat.Dalam perjuangannya itu Sadeli melihat Maria membantu dengan sungguh-sungguh untuk membela nusa, bangsa, dan negara yang baru baginya.

Komentar :
Novel ini begitu erat dengan perjuangan yang menggambarkan situasi pada masa itu, yaitu saat penjajahan.Selain itu dalam novel digambarkan situasi Negara yang mengalami kekurangan bahan sandang dan pangan. Dilihat dari bahasa yang digunakan sudah agak mudah dipahami disbanding karya lain yang juga seangkatan dengan karya ini. Menurut karakteristik karya sastra tahun 40-an memang menceritakan Revolusioner dalam bentuk dan isi, membuang tradisi lama dan menciptakan bentuk baru sesuai dengan getaran kemerdekaan. Selain itu dalam novel ini bahasanya pendek, terpilih, padat berbobot. Karena latarnya berada di luar negeri, bahasa yang digunakan tidak jarang disisipi bahasa inggris. Secara Umum Novel ini layak untuk dibaca, pengarang menuliskan cerita sesuai keadaan saat itu sehingga dapat membawa perasaan pembaca ke masa dahulu.
Amanat : Lakukanlah apapun untuk kebaikan bangsa, dan jangan sekali-sekali menghianatinya untuk kebaikan diri sendiri.




  1. Analisis Novel Orang-Orang Proyek
Judul : Orang-Orang Proyek
Karya : Ahmad Tohari
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbitan : Januari, 2007
Tebal :224 halaman


Novel ini menceritakan seorang Insinyur Kabul, berusia awal 30, sebagai Kepala Pelaksana proyek itu. Mantan aktivis kampus itu kini harus berhadap-hadapan dengan realita di lapangan yang sangat jauh dari idealisme yang selama ini ia yakini dan perjuangkan kebenarannya. Di lapangan, banyak hal yang harus dikompromikan, kendati kerap tak sesuai dengan suara hatinya.Kabul sadar sepenuhnya proyek yang ditanganinya ini sarat korupsi dan manipulasi sebagaimana terjadi pada banyak proyek di tanah air.

Masalah timbul pada Insinyur Kabul. Ia harus bermuka-muka dengan para perongrong dari partai GLM (Golongan Lestari Menang) selaku penguasa daerah setmpat. Kabul dituntut untuk menyelesaikan pembangunan jembatan Cibawor itu dengan menggunakan barang bahan yang tersedia sebelum HUT GLM, supaya pada hari "H" dapat diresmikan oleh Pimpinan Pusat GLM. Kabul paham betul, mutu barang bahan tersebut tidak layak pakai dan akan berakibat fatal kelak. Tetapi orang-orang GLM tak mau tahu. Mereka tetap berkeras dengan target itu. Mengingat setting cerita ini tahun 1990-an, maka kita tahulah yang siapa yang disindir Ahmad Tohari sebagai GLM.

Batin Kabul berperang antara memenangkan idealismenya atau berkompromi dengan segala penyimpangan itu. Kabul harus menentukan sikap dan ia sadar benar konsekuensi pilihannya nanti. Jika ia menuruti kemauan orang-orang GLM itu, berarti ia telah melacurkan idealismenya serta mengorbankan hak rakyat Cibawor untuk mendapatkan jembatan yang baik. Namun, bila ia menolak, itu berarti ia harus hengkang dari proyek itu dan kehilangan pekerjaannya.

Tak cuma Kabul yang ditampilkan, tetapi juga orang-orang kecil yang mencoba mengais hidup di proyek itu.Ada Mak Sumeh, wanita separuh baya pemilik warung nasi; ada Tante Ana, banci yang selalu hadir setiap hari gajian untuk menghibur para kuli proyek dengan lenggang-lenggoknya yang genit; ada Bejo dan Kang Acep para kuli.

Ada juga orang-orang seperti Basar, Kepala Desa teman Kabul semasa mahasiswa; dan Dalkijo, Pimpinan Proyek; juga Wati, gadis muda anak seorang anggota DPRD yang bekerja di bagian administrasi proyek dan diam-diam memendam cinta pada Kabul.

Komentar :
Ahmad Tohari digolongkan menjadi sastrawan angkatan 80-an dan dalam novel ini karakteristik novel ini digolongkan kedalam karya sastra angkatan 80. Dalam penulisannya, pengarang berpikir lebih maju yaitu mengangkat masalah korupsi dalam pembangunan jembatan oleh orang-orang proyek yang juga didalamnya ada kisah percintaan. Apabila sekedar membaca pada awal buku, pembaca dapat tertipu dalam menentukan tokoh utamanya, namun penekanan tokoh dapat dilihat pada bagian cerita selanjutnya. Tokoh utamanya Kabul yang menjadi kepala pelaksana pembangunan. Bahasa yang digunakan mudah dipahami. Dilihat dari karakteristik karya sastranya, novel ini digolongkan dalam angkatan 80-an karena temanya yang lebih menonjol. Tidak lagi masalah kehidupan dan kesusahan seperti tahun 70-an. Cerita dalam novel ini berisi sedikit sindiran terhadap korupsi orang-orang proyek.

Amanat : Pertahankan idealisme untuk melawan keserakahan, keserakahan dalam bentuk apapun akan menimbulknan kerugian bagi diri sendiri ataupun orang lain.

  1. Analisis Novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Judul : Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Karya : Haji Abdul Malik Karim Amrullah
Penerbit : P.T. Bulan Bintang
Tahun terbitan : 1976
Tebal :224 halaman


Roman ini diawali dengan kisah Zainudin yang pada masa lalunya membunuh ibu tirinya lantaran harta peninggalan ayah kandungnya digunakan semene-mena oleh ibu tirinya. Akibat perbuatannya, Ia dipenjara. Saat itu usianya 20 tahun, setelah masa hukumannya selesai ia hendak menengok tanah halamannya.
Selanjutnya, roman ini menceritakan tentang kisah cinta yang tidak sampai karena terhalang oleh adat yang sangat kuat. Zainudin adalah seorang pemuda dari perkawinan campuran Minangkabau dan Makasar, ayahnya Zainudin yang berdarah Minangkabau mengalami masa pembuangan ke Makasar dan kawin dengan Ibu Zainudin yang berdarah asli Makasar, mempunyai seorang kekasih asal Batipun bernama Hayati, namun hubungan mereka harus berakhir karena adat, karena berdasarkan sebuah rapat, ibu Zainudin tidak dianggap sebagai manusia penuh.
Akhirnya Hayati menikah dengan seorang pemuda bangsawan asli Minangkabau bernama Azis. Mendengar pernikahan itu Zainudin jatuh sakit, akan tetapi berkat dorongan semangat dari Muluk sahabatnya yang paling setia, kondisi Zainudin berangsur-angsur membaik dan pada akhirnya Zainudin menjadi seorang pengarang yang sangat terkenal dan tinggal di Surabaya. Di Surabaya inilah Zainudin bertemu dengan Hayati yang diantar oleh suaminya sendiri Azis, untuk dititipkan kepadanya, kemudian Azis mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri.
Rasa cinta Zainudin pada Hayati sebenarnya masih membara, akan tetapi mengingat Hayati itu sudah bersuami, cinta yang masih menyala itu berusaha untuk dipadamkan, kemudian Hayati dibiayai untuk pulang ke Batipun. Tetapi nasib malang menimpa Hayati, dalam perjalanan pulang ke Batipun itu, kapal Van Der Wijck yang ditumpanginya tenggelam. Hayati meninggal dunia di rumah sakit di Cirebon.
Di saat-saat akhir hayatnya, Hayati masih sempat mendengar dan melihat bahwa sebenarnya Zainudin masih sangat mencintainya, namun semua itu sudah terlambat.Tidak berselang lama, Zainudin menyusul Hayati ke alam baka, dan jenazah Zainudin dimakamkan persis di samping makan mantan kekasihnya, Hayati.

Komentar :
HAMKA digolongkan ke dalam semua angkatan namun, dalam novel ini menurut karakteristiknya termasuk karya sastra angkatan Balai Pustaka karena menceritakan kisah percintaan yang harus kandas karena perbedaan yaitu adat yang sangat kuat. Bahasa yang digunakan dalam karya ini lebih menonjol kedalam bahasa Melayu, sehingga terasa asing di kalangan pembaca sekarang. Apabila tidak membaca secara cermat, pembaca akan sulit memehaminya karena alur yang disampaikan menggunakan alur maju-mundur. Pada awalnya pengadaan tokoh sangat berarti untuk menandai wataknya. Sedangkan bahasa yang digunakan agak sulit dimengerti, selain itu disisipi pula bahasa daerah. Untuk memahaminya harus dibaca lebih teliti.

Amanat : Menjaga perasaan kita terhadap orang yang dicinta.







  1. Analisis Kumpulan Cerpen Dari Ave Maria ke Jalan Lain Ke Roma
Judul : Dari Ave Maria ke Jalan Lain Ke Roma
Karya : Idrus
Penerbit : Balai Pustaka
Tahun terbitan : 1948
Tebal :171halaman
Dari Ave Maria
Kehidupan rumah tangga Zulbahri dengan Wartini sebelumnya baik-baik saja. Tanpa ada prasangka satu sama lain. Namun, kehidupan rumah tangga yang berjalan harmonis itu mulai terusik sejak kehadiran Syamsu, adik Zulbahri, yang dulu sempat menaruh hati pula pada Wartini. Syamsu yang merasa tidak betah bersekolah di Shonanto, memutuskan untuk pindah ke Sekolah Tabib Tinggi di Jakarta, dan ia tinggal di rumah Zulbahri. Kedatangan Syamsu membuat perasaan Zulbahri tidak karuan.Karena bagaimanapun, Syamsu dan Wartini pernah saling mencintai.
Sejak kedatangannya di rumah Zulbahri, Syamsu dan Wartini terlihat semakin dekat.Zulbahri merasa, sebenarnya laki-laki yang pantas untuk mendapatkan Wartini adalah Syamsu, bukan dirinya.Kegundahan hati Zulbahri pun disampaikannya pada istrinya. Namun istrinya meyakinkan bahwa ia hanya mencintai Zulbahri seorang. Sedangkan Syamsu hanyalah teman mainnya sewaktu kecil.Hanya cinta monyetnya.
Namun ucapan Wartini tersebut tidak membuat Zulbahri begitu saja percaya. Karena yang ia lihat, justru mengatakan hal yang sebaliknya. Wartini semakin dekat dengan Syamsu.Mereka sering bermain musik bersama-sama.Wartini bermain piano, dan Syamsu bermain biola.Di suatu malam, mereka berdua memainkan lagu Ave Maria karangan Gounod.Zulbahri yang sedang sakit kepala pun mengacuhkannya dan pergi tidur.Wartini dan Syamsu memainkan lagu tersebut dengan penuh perasaan.Setelah lagu itu selesai dimainkan, Wartini pun menangis.Ia terkenang saat-saat ia memainkan lagu tersebut bersama Syamsu di masa yang lalu. Ia terkenang kisah cintanya bersama Syamsu. Ia berbicara banyak pada Syamsu akan kenangan indah itu, dan sempat bertanya pada Syamsu, mungkinkah jika seorang perempuan mencintai dua orang laki-laki sekaligus.
Tanpa Wartini dan Syamsu sadari, Zulbahri mendengar percakapan mereka.Zulbahri pun berbicara pada Syamsu, bahwa Wartini seharusnya menjadi miliknya.Setelah kejadian itu, Zulbahri pun pergi ke Malang.Ia mencoba menghapus semua ingatannya tentang Wartini. Namun ia tidak mampu melakukannya. Di Malang, Zulbahri bahkan tidak pernah memperhatikan kesehatannya. Ia sempat masuk rumah sakit selama tiga bulan. Setelah keluar dari rumah sakit, ia mencoba kembali ke Jakarta. Bermaksud melihat keadaan Wartini. Namun, apa yang dilihatnya membuatnya sangat terpukul. Ia melihat Wartini dengan Syamsu. Mereka sedang memainkan lagu Ave Maria bersama.Mereka tampak bahagia, dan Wartini pun sedang hamil.Zulbahri kemudian melampiaskan luka di hatinya pada buku.Ia banyak membaca buku. Hingga ia bertemu dengan sebuah keluarga. Keluarga yang rutin ia temui hampir setiap minggu, dan menjadi tempatnya menceritakan semua kisahnya. Di akhir pertemuannya dengan keluarga itu, Zulbahri memberikan sebuah surat pada ayah di keluarga itu, disampaikannya dalam surat itu, bahwa Zulbahri telah masuk ke dalam barisan jibaku untuk membela nusa dan bangsa.
Jalan Lain ke Roma
Menceritakan seorang anak yang selalu direndahkan dan dihina oleh teman-temannya.
Akhirnya ia dikeluarka dari sekolah karena memukul seorang siswa yang mengoloknya. Kealiman Open muncul ketika ia membeli Al-Quran terjemahan Moh. Yunus. Ia berubah menjadi seorang yang mengajar mengaji terhadap anak-anak. Kehidupan Open selanjutnya adalah ia menjadi seorang penulis terkenal di kota yang jauh dari keluarganya.
Komentar :
Menurut karakteristiknya, Kumpulan cerpen ini dimasukkan ke dalam sastra angkatan 45. Dalam cerpen pertama yang berjudul “dari ave maria” menceritakan tentang kehidupan sebuah rumah tangga yang terganggu karena hadirnya seorang adik yang pernah menjadi kekasih dari istrinya, sang suami merasa telah merampok wanita yang kini menjadi isterinya dari adiknya. Masalah rumah tangga yang mengalami dilema.

  1. Analisis Novel Ketika Cinta Bertasbih
Judul : Ketika Cinta Bertasbih 1
Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Republika-Basmalah
Tahun terbitan : 2007
Dimensi : 20,5 cm x 13,5 cm
Tebal : 477 halaman
Azzam adalah seorang pemuda sederhana yang memilih untuk menuntut ilmunya di Kampus Al Azhar, Cairo.Azzam dikenal sebagai sosok yang tegas dan dewasa.Dia sangat memegang teguh prinsip-prinsip Islam dalam kehidupan sehari-harinya. Di kalangan teman-temannya pun Azzam menjadi panutan dan sosok yang bisa diandalkan.
Setelah bapaknya meninggal, sebagai anak tertua dalam keluarganya, dialah yang menanggung kehidupan keluarganya di Solo. Oleh karena itu, selain sebagai mahasiswa, dia juga bekerja keras sebagai pembuat tempe dan bakso untuk menghidupi ibu dan adik-adik perempuannya di Indonesia serta kehidupannya sendiri di Cairo. Bahkan Azzam, rela meninggalkankuliahnya untuk sementara dan lebih berfokus untuk mencari rezeki. Meski terkadang ada rasa iri melihat teman-teman satu angkatannya yang sudah terlebih dahulu lulus, bahkan ada yang hampir menyelesaikan S2-nya tapi Azzam segera sadar kalau dia tidak samadengan teman-temannya yang lain. Azzam lebih dikenal sebagai tukang tempe di kalangan mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Al Azhar.
Azzam juga sering mendapatkan undangan dari duta besar Indonesia yang ada di Mesir untuk memenuhi kebutuhan konsumsi pada acara-acara kebesaran. Jadi, selain terkenal di kalangan mahasiswa sebagai tukang tempe, Azzam juga terkenal di kalangan para duta besar.
Saat bekerja itulah Azzam mengenal sosok Eliana.Eliana adalah sosok yang sempurna secara fisik.Putri duta besar, cantik, dan salah seorang lulusan Universitas di Jerman.Akan tetapi, prinsip-prinsi keislaman yang Azzam pegang teguh membuat Azzam mampu menepis perasaannya.
Saat bekerja juga Azzam secara tidak sengaja bertemu dengan Anna Althafunnisa. Dialah perempuan yang memikat hatinya dan hendak ia lamar. Namun, status sosialnya membuat Azzam ditolak.Yang lebih mencengangkan Azzam adalah Anna justru menerima lamaran dair Furqan, sahabat Azzam sendiri yang memiliki status sosial lebih tinggi daripada Azzam.
Azzam akhirnya mampu melanjutkan kuliahnya setelah adiknya menyelesaikan pendidikan. Setelah dia lulus dari Al Azhar dengan nilai yang cukup memuaskan, akhirnya setelah 9 tahun terpisah dengan keluarganya tanpa pernah pulah, dia pun pulang dan kembali ke tengah-tengah keluarga tercintanya.
Komentar :
Novel dwilogi ini digolongkan ke dalam novel angkatan 2000-an karena terlihat dari temanya yang telah keluar dari tema-tema karya sastra sebelum tahun 2000. Tema yang diangkat tetap percintaan yang dibubuhi kehidupan memilukan seorang mahasiswa. Bahasa yang digunakan mudah untuk dipahami, alurnya pun mudah untuk diikuti.

  1. Analisis Novel Salah Asuhan
Judul : Salah Asuhan
Penulis : Abdoel Moeis
Penerbit : P.N. Balai Pustala
Tahun terbitan : 198
Tebal : halaman

Hanafi adalah seorang amak pribumi yang berasal dari Solok.Ibu hanafi adalah seorang janda, yang suaminya sudah meninggal semenjak hanafi masih kecil.Ibu hanafi sangat menyayanginya.Meskipun sudah menjanda, ibunya berkeinginan untuk memandaikan anaknya.Ibunya mengirim Hanafi ke Betawi untuk bersekolah di HBS.Ibunya selalu berusaha keras untuk selalu memenuhi segala biaya Hanafi.Selama bersekolah di Betawi, Hanafi dititipkan kepada keluarga Belanda.Sehingga pergaulan Hanafi tidak lepas daro orang-orang Belanda. Setelah lulus sekolah di HBS, pergaulannya juga tidak lepas dari orang-orang Eropa, karena ia bekerja di Kantor BB sebagai asisten residen di Solok.
Meskipun Hanafi seorang pribumi asli, tingkah lakunya serta gaya hidupnya sudah berubah menjadi kebarat-baratan. Bahkan terkadang tingkah lakunya melebihi orang Belanda asli. Selama ia bergaul dengan orang-orang eropa dan setiap hari bersekolah di HBS, Hanafi dekat dengan gadis eropa yang bernama Corrie. Dalam kesehariannya Hanafi dan Corrie memanglah sangat dekat, hubungan keduanya seperti kakak dengan adiknya.Mereka sering jalan-jalan berdua, main tenis bahkan duduk-duduk sambil menikmati segelas teh pun juga berdua. Karena hubungan mereka sangat amat dekat, maka Hanafi pun menganggap pertemanan itu dianggap lain. Hanafi sayang kepada Corrie, namun perasaan itu bukan sekedar hanya rasa sayang seorang kakak kepada adiknya, melainkan rasa sayang sebagai pacar.Setiap hari Hanafi selalu bertemu dengan Corrie meskipun hanya sebentar saja.Sikap Corrie kepada Hanaffi juga masih nampak seperti biasanya.Hingga akhirnya Hanafi memberanikan diri untuk mengungkapkan isi hatinya kepada Corrie.
Namun ketika Hanafi mengungkapkan isi hatinya, Corrie tidak langsung memberi jawaban kepada Hanafi, melainkan segera berpamitan pulang dengan alasan yang tidak jelas.Keesokan harinya, Corrie pergi meninggalkan Solok menuju Betawi. Maka dikirimkan surat kepada Hanafi, yang isinya penolakan secara halus mengenai pernyataan Hanafi pada tempo hari. Corrie merasa sangat tidak mungkin menerima Hanafi, karena perbedaan budaya antara bangsa melayu dengan bangsa eropa.Selain itu Corrie juga ditentang oleh ayahnya jika menikah dengan orang melayu.Karena penolakan tersebut, Hanafi jatuh sakit selama beberapa hari.
Selama dia sakit, Hanafi hanya dirawat oleh ibunya, dan selama itu pula Hanafi sering mendapat nasihat dari ibunya.Ibunya menasihati dan membujuk Hanafi agar menikah dengan Rapiah, yaitu anak mamaknya.Karena pada saat Hanafi bersekolah di HBS, mamaknyalah yang mencukupi kebutuhan Hanafi.Mendengar bujukan Ibunya, Hanafi sangat amat marah, karena Hanafi sungguh tidak mengetahui siapakah Rapiah itu dan Hanafi hanya suka kepada Corrie, yang telah menolak cintanya.Maka Ibu Hanafi menjelaskan bahwa Rapiah adalah anak mamak, Sultan Batuah.Perjodohan itu dikarenakan Ibu Hanafi berhutang budi kepada Sultan Batuah.Setelah mendapat bujukan dari Ibunya, akhirnya Hanafi menerima perjodohan itu, meskipun dengan sangat terpaksa.
Dua tahun sudah usia pernikahan Hanafi dan Rupiah, dan mereka dikaruniai seorang anak laki-laki yang bernama Syafei. Pernikahan yang tidak didasari dengan rasa cinta itu membuat rumah tangga mereka tidak pernah tentram.Setiap hari Hanafi selalu memaki-maki istrinya karena hal yang sepele.Namun Rapiah hanya diam dan tidak pernah melawan semua perlakuan suaminya.Hal itulah yang membuat Ibu Hanafi kagum kepada Rapiah, hingga suatu hari Hanafi murka kepada Ibunya.Dengan tidak sengaja Ibunya menyumpahi Hanafi.Tiba-tiba anjing gila mengigit pergelangan Hanafi hingga Hanafi harus berobat ke Betawi.Sampai di Betawi Hanafi bertabrakan dengan seorang gadis eropa, yang tidak lain adalah Corrie.Dengan amat senang mereka berdua menghabiskan waktu untuk berjalan-jalan berdua menggunakan sepeda angin.
Sudah satu minggu Hanafi meninggalkan Solok, setelah itu Hanafi mencari kerja di Kantor BB sebagai commies.Meskipun gaji awal cukup kecil, namun hanafi sangat senang.Karena dia dapat bertemu dengan Corrie setiap hari.Hanafi berusaha keras untuk mendapatkan Corrie, hingga hanafi rela berubah kewarganegaraan menjadi Eropa.Setelah itu, Hanafi memohon kepada Corrie untuk menerima ajakan pertunangannya.Karena rasa ibanya kepada Hanafi, Corrie terpaksa menermanya. Meskipun Corrie harus menerima resiko, yaitu dijauhi oleh teman-teman eropanya, Pesta pertunangan mereka dilakukan dikediaman rumah teman Belandanya, namun tuan rumah nampak tidak begitu suka dengan pertunangan itu. Karena dia tidak suka bergaul dengan orang Belanda berkulit sawo matang.
Meskipun Rapiah dan Ibunya tahu jika Hanafi akan menikah Corrie, namun Rapiah tetap menunggu kedatangan Hanafi. Karena Ibu Hanafi sangat sayang kepada Rapiah, bahkan sayangnya melebihi rasa sayangnya kepada Hanafi.Hanafi dan Corrie sudah menjadi suami istri, maka tinggalah mereka dalam satu rumah.Namun seiring berjalannya waktu, rumah tangga Hanafi dan Corrie sudah tidak tentram lagi. Karena sifat Hanafi yang keterlaluan, sampai menuduh Corrie berzina dengan orang lain. Karena kehidupannya yang dalam kondisi tidak jelas, Bangsa Eropa maupun Bangsa Melayu sudah tidak mau mengakui Hanafi, karena keangkuhan dan kesombongannya.
Pada akhirnya Corrie pergi ke Semarang untuk menghindari Hanafi. Namun pada suatu hari, Hanafi menerima surat yang memberi tahukan bahwa Corrie berada di Semarang. Setelah beberapa hari, Hanafi nekat pergi ke Semarang untuk mencari Corrie dirumah seorang pengusaha anak-anak yatim.Namun sampai disana justru berita buruk yang diterima oleh Hanafi.Bahwa Corrie masuk rumah sakit karena sakit keras, yaitu kolera.Hingga akhirnya nyawa Corrie ridak dapat ditolong lagi.Setelah kepergian Corrie, Hanafi pulang ke Solok untuk menemui Ibunya.Setelah beberapa hari Hanafi sampai di Solok, ia jatuh sakit karena menelan 6 butir sublimat, yang menyebabkan Hanafi terus muntah darah dan akhrinya merenggut nyawanya.
Komentar :
Novel ini dikategorikan ke dalam karya sastra angkatan 30 atau pujangga baru, masalah yang dibahasnya bukan lagi kawin paksa namun lebih menekankan kawin antar bangsa. Selain itu intinya adalah sikap diskriminasi bangsa Eropa terhadap pribumi. Bahasa yang digunakan agak sukar untuk dipahami, sedangkan alurnya mudah untuk diikuti.






Categories: Share